0 5 min 2 weeks

Asuransi kendaraan sekarang ini jadi keperluan penting untuk pemilik mobil. Kendaraan akan terlindung dari beragam resiko yang mengincar lewat produk asuransi yang akurat.

Untuk mendapatkan asuransi mobil garda oto terbaik, kamu perlu pilih perusahaan asuransi yang menawarkan service lengkap. Premi juga harus bersaing, mahal, tetapi tidak kemahalan.

Disamping itu, kamu harus pahami simulasi premi asuransi tlo yang diaplikasikan perusahaan asuransi agar memakai service dengan optimal. Pasalnya beberapa dari nasabah tidak membaca dengan jeli dan mempelajari polis asuransi saat sebelum menandatangani kesepakatan.

Biasanya, masalah terjadi saat klaim asuransi mobil. Umum terjadi penampikan karena tidak sesuai polis. Walau sebenarnya kamu menduga akan gampang ajukan klaim. Jika ini kan kamu yang hendak rugi. Telah bayar premi tiap bulan, tetapi gantian ingin klaim rupanya tidak sesuai dengan ketentuan.

Klaim Asuransi Mobil

Sama lewat produk asuransi lain, untuk asuransi mobil, proses pengajuan klaim-nya harus dilaksanakan sama sesuai proses yang diputuskan pihak asuransi. Bila kamu tidak memenuhinya, resiko ditolaknya klaim mungkin terjadi.

Untuk menghindari penolakan klaim asuransi dengan yang akurat,  Berikut 4 cara penting agar klaim asuransi mobil berjalan mulus:

Secepat mungkin menghubungi pihak Perusahaan Asuransi

Saat suatu hal yang tidak diinginkan terjadi  pada mobil kamu, misalkan kecelakaan, kehilangan, hancur karena banjir atau resiko yang lain yang perlu secepat mungkin diatasi, karena itu kontak pihak perusahaan asuransi mobil kamu.

Persyaratan laporan optimal 3 x 24 jam saat peristiwa . Maka jika dapat secepat-cepatnya melapor, supaya tidak telat. Laporan itu akan memudahkan kamu ajukan klaim dan proses survey sebagai salah satunya proses klaim.

Terangkan pada pihak perusahaan asuransi urutan peristiwa yang kamu rasakan, hingga mereka pahami dan terang. Jika mobil kamu misalkan alami kecelakaan, selekasnya telephone pihak asuransi dan ajukan klaim. kamu akan mendapatkan service mobil derek, pembaruan di bengkel relasi, atau yang lain.

Perusahaan asuransi akan memberi formulir klaim ke kamu. Isi dan melengkapi formulir ini, agar dipakai untuk membenahi mobil itu di bengkel relasi. Janganlah lupa untuk sampaikan jika document pengajuan klaim sedang dipersiapkan.

Persiapkan dan Perlihatkan Bukti-bukti

Ajukan klaim asuransi mobil seharusnya diperlengkapi dengan bukti-bukti yang terang. Ini memperlihatkan jika kamu tidak dibuat-buat sebuah kejadian untuk memperoleh ganti kerugian dari perusahaan asuransi.

Bukti kecelakaan misalkan, dapat photo tubuh (body) mobil yang penyok. Mobil lenyap di parkir, diperlihatkan dengan bukti CCTV, atau bukti yang lain. Disamping itu, bukti bukti-bukti ini bisa menjadi bahan laporan ke pihak yang berwajib (polisi).

Terangkan Urutan kejadian dengan Detil dan Jelas

Saat pengajuan klaim asuransi mobil, kamu akan disuruh untuk menerangkan urutan sebuah kejadian secara jelas. Tidak hanya itu, kamu perlu menjawab beragam pertanyaan yang mungkin dilemparkan karyawan asuransi sisi klaim.

Pastikanlah kamu jawab pertanyaan itu secara baik . Maka ingat benar ya, urutan peristiwa, lokasi, waktu peristiwa, status sopir mobil saat peristiwa, dan lain-lain.

 

Melengkapi dan memberikan file/dokumen yang dibutuhkan

Ajukan klaim asuransi mobil, ketentuannya harus memberikan beberapa file penting. Documen ini disamakan dengan keperluan klaim kamu dan berdasar peristiwa.

Apa saja contoh dokumennya?

– Formulir pengajuan klaim

– Surat info dari kepolisian

– Foto copy polis asuransi mobil

– Foto copy KTP dan SIM

– Bukti peristiwa (beberapa photo sesudah kecelakaan terjadi).

Jika kecelakaan mengikutsertakan seseorang atau pihak ke-3 :

– Foto copy KTP, SIM, STNK dari pihak ke-3

– Surat info dari kepolisian

– Surat pengakuan atas gugatan ganti rugi dari pihak ke-3 yang dibubuhkan meterai

– Surat pengakuan dari pihak ke-3 , di mana tercatat jika yang berkaitan tidak mempunyai service asuransi

 

Untuk klaim kehilangan karena perampokan:

– Formulir pengajuan klaim

– Foto copy KTP, SIM, STNK

– Surat info dari kepolisian berkaitan peristiwa perampokan mobil kamu

– Surat bukti penutupan STNK kendaraan kamu.

 

Tentukan Pilihan Asuransi Mobil TLO atau All Risk Ya?

Saat sebelum beli produk asuransi, yakinkan dahulu kamu pilih service asuransi yang memberi pelindungan sama sesuai keperluan dan kekuatan keuangan. Type pelindungan pada asuransi mobil ada 2, yaitu All Risk atau Comprehensive dan TLO (Keseluruhan Loss Only).

All risk memberi agunan semua kerusakan mobil kamu. Dimulai dari kerusakan enteng, berat, sampai kehilangan mobil. Dan TLO, memberikan agunan jika terjadi kehilangan atau kerusakan di atas 75%. Jika mobil hancur sedikit, seperti kaca spion patah atau lecet, ya tidak ditukar rugi oleh pihak asuransi.

Untuk ke-2 tipe asuransi mobil ini tawarkan premi berlainan. Sudah pasti yang tipe all risk, preminya semakin besar dibandingkan TLO. So, tentukan asuransi sesuai kebutuhanmu

Yaps itu tadi 4 Tips yang harus kamu ingat sebelum kamu mengklaim asuransi, tentu sebagai manusia kita tidak mau terjadi apa-apa kepada mobil kita, untuk itu kita bisa mengcegah banyaknya kerugian dengan memiliki asuransi mobil, semoga bermanfaat ya sobat.