0 4 min 6 dys

Mengirimi dan menerima paket dari Indonesia itu tentu sudah jadi hal yang umum untuk Anda. Umumnya Anda cuman mempacking paket, ditimbang, selanjutnya bayar biaya kirim sama sesuai berat paket yang hendak dikirim. Tetapi bagaimana masalahnya bila Anda memakai jasa pengangkutan ke luar negeri? atau anda ingin kirim barang singapore ke indonesia?

Apa Anda perlu mempacking paket seperti umumnya? Apa nanti mengirim barang ke luar negeri cuman dikenai biaya biaya kirim per-kilogram saja? Seharusnya saat sebelum Anda mengirim paket, dalami dahulu bagaimana pola pengangkutan barang ke luar negeri yang betul.

Lajur Pengangkutan Barang ke Luar Negeri

Sebetulnya ada 2 tipe proses pengangkutan barang ke luar negeri. Ada yang memakai lajur lewat udara dan laut. Masing-masing lajur pengangkutan ini punyai keunggulan dan kekurangan sendiri.

1. Pengangkutan Lewat Pesawat

Bila Anda ingin mengirim paket yang perlu sama waktu menekan, karena itu pilih service ekspes dengan model transportasi pesawat. Kenapa? Jasa pengangkutan barang dengan model pesawat dapat dipakai untuk mengirim paket yang enteng. Anda dapat mengirim barang yang bahkan juga beratnya kurang dari 1 kg.

Proses pengangkutan barang ini lebih gampang. Waktunya juga lebih cepat dibanding lewat laut. Karena tiap hari jasa pengangkutan internasional langsung bisa mengirim barangnya dengan pesawat tanpa perlu menanti jumlah minimum. Tetapi risikonya, Anda harus bayar biaya kirim yang cukup mahal.

2. Pengangkutan Lewat Laut

Pengangkutan barang lewat kapal ekspedisi ialah hal yang paling wajar diketemukan di dunia internasional. Kapal ekspedisi dapat berisi banyak barang dan dapat tempuh perjalanan jauh ke beragam negara. Untuk fasilitas penyimpanan barang, Anda tentu tahu dengan media container. Satu perusahaan umumnya simpan barang kirimannya di container yang serupa.

Nach, perusahaan ekspedisi internasional juga begitu. Anda dapat mengirim paket dengan jumlah yang banyak dengan kapal ekspedisi ini. Biaya kirim paket dengan kapal ekspedisi lebih murah dibanding dengan pesawat. Tetapi ada batasan minimum kubikasi yang dapat dikirim.

Jadi Anda tidak dapat mengirim barang yang sedikit dengan kapal ekspedisi ini. Karena minimum volumenya harus 1 container. Nach, karena itu faksi ekspedisi umumnya akan kumpulkan beberapa paket dengan arah yang serupa terlebih dahulu. Bila volumenya telah cukup buat pengangkutan ekspedisi laut, karena itu beberapa paket itu baru dikirim.

Itu asalan kenapa pengangkutan lewat laut yang ditawari oleh jasa pengangkutan ke luar negeri dapat semakin lama dan proses lebih sulit. Tetapi Anda harus tetap bersabar, karena ongkos kirimnya lebih dapat dijangkau.

Bagaimana dengan Pajak Barang?

Mayoritas orang tentu cemas bila barang yang dikirim ke luar negeri tidaklah sampai ke penerimanya. Banyak yang cemas berkenaan pajak masuk (bea cukai) barang kiriman itu. Lantas, apa sebetulnya mengirimi barang ke luar negeri dikenakan ongkos pajak masuk? Rupanya, barang yang Anda kirim bisa jadi terkena pajak atau mungkin tidak.

Peraturan pajak masuk itu bergantung dengan ketentuan di negara arah Anda mengirimi barang. Umumnya sebuah negara mempunyai ketetapan yang lain berkenaan berapakah batasan nilai sebuah barang masuk akan dikenakan pajak bea cukai.